Mengenal Farhana Nariswari Wisandana - Puteri Indonesia 2023

Mengenal Farhana Nariswari Wisandana - Puteri Indonesia 2023

Mengenal Farhana Nariswari Wisandana - Puteri Indonesia 2023
Farhana Nariswari Wisandana Puteri Indonesia 2023 (foto)

Puteri Indonesia 2023 adalah edisi ke-26 dari kontes kecantikan Puteri Indonesia telah terselenggara pada 19 Mei 2023 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center di Jakarta. D

Di akhir acara, Laksmi De-Neefe Suardana dari Bali memahkotai Farhana Nariswari Wisandana dari Jawa Barat 1 sebagai penerusnya.

Farhana kelahiran 28 Mei 1996 ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran yang kini berprofesi sebagai dokter junior. Dirinya pun fokus pada bidang kesehatan khususnya kesehatan reproduksi.

Farhana aktif melakukan advokasi dalam edukasi kesehatan reproduksi untuk anak-anak di Jawa Barat. Program ini menyasar pada kaum perempuan agar mendapatkan kesetaraan terkait pemenuhan hak dan akses terhadap pendidikan kesehatan reproduksi.

Farhana  tergabung dalam Global Health Systems Summer Institute di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Juni mendatang.

Dia pun pemenang Putra Putri Padjadjaran atau Duta Mahasiswa Universitas Padjadjaran 2018. Dalam hal public speaking, ia mampu membuktikan kepiawaiannya lewat prestasi sebagai 5 Besar Pembicara Terbaik Kejuaraan Debat Nasional AMSA Indonesia 2018.

Farhana pernah turut serta dalam ajang Mojang Jajaka Kota Bandung 2019 dan menyabet gelar juara.

Kemudian di 2022, ia mencoba peruntungan di ajang pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat. Farhana harus puas di posisi Runner-up I.

Puteri Indonesia adalah sebuah ajang kontes kecantikan nasional di Indonesia yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1992. Acara ini bertujuan untuk mencari dan memilih perempuan muda yang akan mewakili Indonesia dalam kompetisi kecantikan internasional, seperti Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational.

Puteri Indonesia mengadakan seleksi di tingkat provinsi di seluruh Indonesia, diikuti oleh pemenang dari setiap provinsi yang kemudian bersaing dalam babak nasional. Di babak nasional, para finalis menjalani serangkaian pelatihan dan penilaian untuk menentukan pemenang dalam beberapa kategori, termasuk Puteri Indonesia, Puteri Indonesia Lingkungan, dan Puteri Indonesia Pariwisata.

Pemenang Puteri Indonesia akan mewakili negara dalam kontes kecantikan internasional dan bertugas sebagai duta kecantikan serta menjalankan berbagai kegiatan sosial dan amal. Acara Puteri Indonesia juga menjadi platform untuk mempromosikan pesan tentang kecantikan, kearifan lokal, dan isu-isu sosial yang relevan.

Puteri Indonesia telah menjadi salah satu ajang kecantikan terkemuka di Indonesia dan terus berkontribusi dalam memperkuat citra dan kebanggaan bangsa di tingkat internasional. Selain itu, Puteri Indonesia juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengembangkan bakat, keterampilan, dan pemahaman tentang isu-isu sosial yang penting.

Siapa Penggagas Kontes Putri Indonesia?

Kontes Puteri Indonesia pertama kali digagas oleh Yayasan Puteri Indonesia pada tahun 1992. Yayasan ini didirikan oleh Mooryati Soedibyo, seorang tokoh perempuan Indonesia yang juga merupakan pemilik dari Martha Tilaar Group, perusahaan kecantikan terkenal di Indonesia. 

Mooryati Soedibyo memiliki visi untuk menciptakan ajang kecantikan yang tidak hanya berfokus pada keindahan fisik, tetapi juga pada kecerdasan, bakat, serta kontribusi sosial yang dimiliki oleh para peserta.

Dengan berbekal visi tersebut, Mooryati Soedibyo mendirikan Yayasan Puteri Indonesia dan menyelenggarakan ajang Puteri Indonesia pertama pada tahun 1992.

Kontes tersebut menjadi terobosan baru dalam dunia kecantikan di Indonesia, dengan menekankan pada kesempurnaan internal dan eksternal seorang perempuan sebagai duta bangsa.

Sejak itu, Kontes Puteri Indonesia telah menjadi ajang yang diakui dan diikuti dengan antusiasme di Indonesia. Mooryati Soedibyo, sebagai penggagasnya, telah berperan penting dalam pengembangan dan pertumbuhan kontes ini selama bertahun-tahun, serta dalam mendorong perwakilan Indonesia dalam ajang kecantikan internasional.

Inilah Pemenang Puteri Indonesia Dari Tahun Ke Tahun

Berikut adalah daftar pemenang Puteri Indonesia dari tahun ke tahun:

  1. 1992: Indira Paramarini Soediro 
  2. 1993: Tidak ada Kontes Puteri Indonesia 1993.
  3. 1994: Venna Melinda 
  4. 1995: Susanty Manuhutu
  5. 1996: Alya Rohali 
  6. 1997: Tidak Perhelatan Puteri Indonesia 1997
  7. 1998: Tidak Perhelatan Puteri Indonesia 1998
  8. 1999: Tidak Perhelatan Puteri Indonesia 1999
  9. 2000: Bernika Irnadianis Ifada 
  10. 2001: Angelina Patricia Pingkan Sondakh  
  11. 2002: Melanie Putria Dewita Sari
  12. 2003: Dian Khrisna
  13. 2004: Artika Sari Devi
  14. 2005: Nadine Chandrawinata
  15. 2006: Agni Pratistha
  16. 2007: Gracia Putri Raemawasti Mulyono
  17. 2008: Zivanna Letisha Siregar
  18. 2009: Qory Sandioriva 
  19. 2010: Nadine Alexandra Dewi Ames 
  20. 2011: Maria Selena  
  21. 2012: Ines Putri Tjiptadi Chandra 
  22. 2013: Whulandary Herman
  23. 2014: Elvira Devinamira  
  24. 2015: Anindya Kusuma Putri
  25. 2016: Kezia Roslin Cikita Warouw 
  26. 2017: Kevin Lilliana
  27. 2018: Sonia Fergina Citra 
  28. 2019: Frederika Alexis 
  29. 2020: Raden Roro Ayu Maulida Putri 
  30. 2021: Laksmi Shari De-Neefe Suardana
  31. 2022: Laksmi Shari De Neefe Suardana

Indira Paramarini Soediro - Puteri Indonesia 1992

Indira Paramarini Soediro (lahir 22 Agustus 1971) adalah seorang model, pengusaha, dan politisi Indonesia. Dia adalah pemenang pertama kontes Puteri Indonesia pada tahun 1992.

Soediro lahir di Jakarta, Indonesia. Ia belajar di Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti. Setelah lulus, dia bekerja sebagai model dan aktris. Pada tahun 1992, ia memenangkan kontes Puteri Indonesia dan mewakili Indonesia di kontes Miss Universe. Dia tidak masuk dalam 15 besar.

Setelah menjabat sebagai Puteri Indonesia, Soediro sukses berkarier di dunia bisnis. Dia mendirikan perusahaannya sendiri, Indira Soediro & Associates, yang menyediakan layanan hubungan masyarakat dan manajemen acara. Dia juga salah satu pendiri Asosiasi Kecantikan dan Mode Indonesia.

Soediro juga aktif dalam politik. Ia adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak 2009.

Berikut adalah beberapa prestasinya:

  • Pemenang kontes Puteri Indonesia pada tahun 1992
  • Mewakili Indonesia pada kontes Miss Universe pada tahun 1992
  • Mendirikan perusahaannya sendiri, Indira Soediro & Associates, yang menyediakan layanan kehumasan dan manajemen acara
  • Salah satu pendiri Asosiasi Kecantikan dan Mode Indonesia
  • Anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
  • Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak 2009
Soediro adalah panutan bagi perempuan dan anak muda di Indonesia. Dia adalah seorang pengusaha sukses, politisi, dan ratu kecantikan yang telah menggunakan platformnya untuk mempromosikan pemberdayaan dan pendidikan wanita. Dia adalah inspirasi bagi semua orang yang mengenalnya.
Tidak ada Pemilihan Putri Indonesia pada 1993. 

Venna Melinda Bruglia - Puteri Indonesia 1994

Venna Melinda lahir pada tanggal 29 Juli 1972 di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Ia memulai karirnya sebagai model pada usia 14 tahun. Pada tahun 1994, ia memenangkan kontes Puteri Indonesia dan mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 1994 dan tidak meraih gelar juara.

Selain sebagai Puteri Indonesia, Venna Melinda meniti karir di dunia akting dan menyanyi. Dia telah membintangi banyak film dan serial televisi, dan dia telah merilis album, 'My Dedication' yang berisi 10 lagu lama yang di-recycle dengan aransemen musik latin. Hasil dari penjualannya disalurkan kepada para anak jalanan. 

Venna Melinda adalah sosok yang populer di Indonesia dan dikenal dengan kecantikan, bakat, dan kecerdasannya. Dia adalah panutan bagi banyak wanita muda dan menjadi inspirasi bagi semua orang yang mengenalnya.

Berikut adalah beberapa prestasinya:
  1. Putri Indonesia 1994
  2. Mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 1994
  3. Membintangi banyak film dan serial televisi
  4. Merilis album musik Charity.
Pada 8 Januari 2023, wanita bernama lengkap Venna Melinda Bruglia melaporkan suaminya, Ferry Irawan, ke polisi atas kasus KDRT. Peristiwa yang diduga terjadi di sebuah hotel di Kediri, Jawa Timur.

Keesokan harinya, Ferry Irawan membantah tudingan KDRT terhadap Venna Melinda, Ferry mengatakan bahwa keduanya bertengkar sengit, tetapi dia tidak memukulnya.

Pada 10 Januari 2023, Venna Melinda Bruglia mengajukan gugatan cerai dari Ferry Irawan. Dia berkata bahwa dia tidak bisa lagi tinggal bersamanya setelah dugaan insiden kekerasan dalam rumah tangga.

Pada 11 Januari 2023, Ferry Irawan mengajukan gugatan balik terhadap Venna Melinda Bruglia dengan tuduhan pencemaran nama baik. Dia mengatakan bahwa dia telah merusak reputasinya dengan menuduhnya melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Kasus ini masih berlangsung dan belum jelas bagaimana akhirnya.

Susanty Manuhutu - Puteri Indonesia 1995

Susanty Manuhutu adalah pemenang Puteri Indonesia tahun 1995. Wanita cantik perwakilan dari Provinsi Maluku ini berhasil menjadi Puteri Indonesia ke-3 tahun 1995 dan kemudian mewakili Indonesia diajang kontes kecantikan bergengsi Miss Universe 1995 di Windhoek, Namibia.

Setelah terpilih sebagai Puteri Indonesia 1995, Santi yang saat itu tercatat sebagai mahasiswa arsitek mulai melatih kemampuan Public Speaking-nya. Dirinya mengakui menjadi seorang Puteri Indonesia, dituntut skill atau keahlian komunikasi yang baik.

Susanty Manuhutu adalah pemenang Puteri Indonesia ke-3 tahun 1995
Kepiawaiannya dalam berkomunikasi mengantarkan Susanty di bidang Jurnalistik dengan menjadi reporter di salah satu stasiun TV pada 1997. 

Alya Rohali - Puteri Indonesia 1996

Puteri Indonesia 1996 adalah kontes Puteri Indonesia yang ke-4. Kontes ini dimenangkan oleh Alya Rohali (DKI Jakarta). Alya Rohali saat ini menjadi anggota DPR RI mewakili Partai Golkar. Dia juga seorang pengusaha.

Selain kepentingan politik dan bisnisnya, Rohali juga merupakan advokat yang vokal untuk hak-hak dan pendidikan perempuan. Dia adalah anggota Kongres Perempuan Indonesia dan Komnas HAM Indonesia. Dia juga merupakan anggota pendiri Asosiasi Kecantikan dan Mode Indonesia.

Rohali adalah wanita yang sibuk, tetapi dia selalu menyediakan waktu untuk keluarganya. Dia menikah dengan Faiz Ramzy Rachbini dan mereka memiliki tiga anak.  

Berikut beberapa hal yang dilakukan Alya Rohali hari ini:

  • Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, mewakili Partai Golkar.
  • Seorang pengusaha dan dermawan.
  • Advokat vokal untuk hak-hak perempuan dan pendidikan.
  • Anggota Kongres Perempuan Indonesia dan Komnas HAM Indonesia.
  • Anggota pendiri Asosiasi Kecantikan dan Mode Indonesia.
  • Ibu dan istri yang penuh kasih dan setia.

Kembali menyoal Puteri Indonesia, Alya Rohali pernah dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 1996 dan mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 1996. Rohali lahir di Jakarta, Indonesia pada tanggal 1 Desember 1976. Ia belajar hukum di Universitas Trisakti dan lulus pada tahun 1999. Ia kemudian bekerja sebagai pengacara dan notaris.

Pada tahun 1996, Rohali memenangkan kontes Puteri Indonesia. Dia mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 1996 dan namun tidak merebut gelar juara. Setelah menjabat sebagai Puteri Indonesia, Rohali meniti karir di dunia akting dan presenter televisi. Salah satunya, bersama Tantowi Yahya, menjadi co-host Kuis Siapa Berani?.

Berikut adalah beberapa prestasinya:
  1. Putri Indonesia 1996
  2. Mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 1996
  3. Membintangi banyak film dan serial televisi
  4. Membawakan beberapa acara televisi
  5. Pengusaha sukses dengan lini pakaian dan kosmetiknya sendiri
  6. Teladan bagi banyak wanita muda dan inspirasi bagi semua yang mengenalnya

Catatan: Sejak 2006, gelar Puteri Indonesia Lingkungan diberikan sebagai sub-kategori dalam kontes Puteri Indonesia.

Bernika Irnadianis Ifada - Puteri Indonesia 2000

Bernika Irnadianis Ifada (lahir 12 Agustus 1977), lebih dikenal dengan nama Bernika Ifada, adalah seorang model, pengusaha, dan dosen berkebangsaan Indonesia. Ia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2000 mewakili provinsi DKI Jakarta.

Bernika lahir di Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Dia belajar di Universitas Indonesia, di mana dia memperoleh gelar di bidang komunikasi. Setelah lulus, dia bekerja sebagai jurnalis di sebuah surat kabar lokal. Dia kemudian pindah ke Jakarta, dengan menjadi presenter dan model televisi.

Pada 2000, Bernika mengikuti kontes Puteri Indonesia dan dinobatkan sebagai pemenang. Dia mewakili Indonesia di Miss Universe 2000, tapi tidak lolos. Setelah menjabat sebagai Puteri Indonesia, Bernika terus berprofesi sebagai presenter televisi dan model.  

Selain kiprahnya di industri kecantikan, Bernika juga merupakan dosen di Universitas STEKOM Semarang. Dia mengajar mata kuliah komunikasi dan hubungan masyarakat. Bernika juga seorang motivator dan pernah berbicara di sejumlah acara.

Bernika adalah seorang model, pengusaha, dan dosen yang sukses. Dia adalah inspirasi bagi banyak wanita dan menjadi panutan bagi kaum muda. Dia adalah advokat yang kuat untuk pemberdayaan perempuan dan berkomitmen untuk membuat perbedaan di dunia.

Berikut adalah beberapa prestasinya:

  1. Puteri Indonesia 2000
  2. Miss Indonesia Universe 2000
  3. Wartawan
  4. Pembawa acara televisi
  5. Model
  6. Pengusaha
  7. Pengajar
  8. Pembicara motivasi
  9. Advokasi pemberdayaan perempuan
Berikut sebuah postingan dari Instagram saat momen Puteri Indonesia 2000 

Bernika Irnadianis Ifada momen Puteri Indonesia ke-5

Mahkota Puteri Indonesia 2000 berhasil direbut oleh wanita cantik perwakilan dari Provinsi DKI Jakarta 3. Wanita yang memiliki segudang prestasi ini juga pernah menjadi pembawa baki PASKIBRAKA Nasional di Istana Negara tahun 1993. 

Selama menjadi Puteri Indonesia, Bernika mendapatkan banyak pembekalan dari Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu tentang kecantikan. Tidak heran wanita yang kini berprofesi sebagai dosen tersebut juga merambah bisnis di bidang kecantikan.

Angelina Patricia Pingkan Sondakh - Puteri Indonesia 2001

Angelina Patricia Pingkan Sondakh dari Sulawesi Utara dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2001 oleh pemenang sebelumnya, Bernika Ifada dari DKI Jakarta. Angelina Sondakh adalah seorang aktris, mantan politikus, dan model Indonesia. 

Ia lahir di Armidale, New South Wales, Australia pada tanggal 28 Desember 1977. Ia adalah putri dari Lucky Sondakh, seorang profesor dan mantan rektor Universitas Sam Ratulangi Manado, dan Sjul Kartini Dotulong. Dia memiliki satu kakak laki-laki, Franky Sondakh.

Sondakh memulai karirnya sebagai model dan aktris. Dia dinobatkan Puteri Indonesia 2001 dan mewakili Indonesia di Miss Universe 2001. Dia kemudian membintangi sejumlah film dan acara televisi.

Pada tahun 2004, Sondakh terjun ke dunia politik dan terpilih menjadi anggota DPR RI. Ia menjabat sebagai anggota DPR selama dua periode, dari 2004 hingga 2009 dan dari 2009 hingga 2014. Pada 2012, Sondakh ditangkap atas tuduhan korupsi. 

Ia dituding menerima suap terkait pembangunan kompleks asrama Wisma Atlet untuk Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011. Dia dinyatakan bersalah atas korupsi dan dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Dia dibebaskan dari penjara pada tahun 2022.

Sondakh adalah sosok yang kontroversial. Dia telah dikritik karena keterlibatannya dalam korupsi dan pandangan politiknya. Namun, dia juga sosok yang populer dan memiliki banyak penggemar. Dia dikenal karena kecantikannya, kecerdasannya, dan karismanya.

Puteri Indonesia, Angelina Sondakh dan  Miss Universe, Denise Quinones
Puteri Indonesia, Angelina Sondakh dan  Miss Universe, Denise Quinones (Foto: Arbain Rambey

Kembali ke masa-masa Pemilihan Puteri Indonesia 2001, kontes ke-6 ini dipandu oleh MC Tantowi Yahya dan Alya Rohali serta dihadiri oleh pemenang Miss Universe 2001 Denise Quiñones dari Puerto Riko.

Melanie Putria Dewita Sari - Puteri Indonesia 2002 

Melanie Putria Dewita Sari adalah seorang aktris, model, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia. Ia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2002 dan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2002. 

Melanie lahir di Jakarta, Indonesia pada tanggal 17 April 1981. Ia merupakan putri dari pasangan Habibuddin dan Nelwetis. Dia memiliki satu saudara laki-laki, Andre Habibuddin.

Melanie memulai karirnya sebagai model pada usia 15 tahun. Dia telah muncul di berbagai majalah mode dan iklan. Pada tahun 2002, ia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2002. Sebagai Puteri Indonesia, ia mewakili Indonesia di Miss Universe 2002, di mana ia menempati posisi 10 besar.

Berikut adalah beberapa prestasinya:
  1. Putri Indonesia 2002
  2. Miss Universe 2002 (Top 10)
  3. Model
  4. Aktris
  5. Pembawa acara televisi
  6. Pengusaha
  7. Pendiri Yayasan Melanie Putria

Dian Khrisna - Puteri Indonesia 2003

Dian Khrisna berhasil mengalahkan 33 kontestan lainnya dalam memperebutkan title Puteri Indonesia 2003. Dian seorang mahasiswi lulusan Sarjana komunikasi pernah membawakan beberapa program berita televisi.

Pengalaman dan pembelajaran dari Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu telah mengantarkan karirnya selepas menjadi Puteri Indonesia 2003 menekuni bidangnya hari ini. 

Artika Sari Devi - Puteri Indonesia 2004

Artika Sari Devi adalah seorang aktris, model, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia. Dia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2004 dan mewakili Indonesia di Miss Universe 2005 dan berhasil  masuk ke dalam 15 besar.

Artika lahir di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Indonesia pada tanggal 29 September 1979. Ia adalah putri dari Poppy Dyah Retno Wulan dan Kusmayadi. Dia memiliki satu saudara perempuan, Refi Monika.


Artika Sari Devi menikah dengan Ibrahim Imran, seorang musisi dan penyanyi. Mereka memiliki dua anak, Sarah Abiela Ibrahim (lahir 2009) dan Dayana Zoelie Ibrahim (lahir 2011).

Orang tua Artika Sari Devi adalah Poppy Dyah Retno Wulan dan Kusmayadi. Dia memiliki satu saudara perempuan, Refi Monika.

Orang tua Ibrahim Imran adalah Zainal Abidin Imran dan Liesje Sumardi. Dia memiliki satu saudara laki-laki, Muhammad Iqbal Imran. Hubungan antar anggota keluarga Artika Sari Devi sangat erat. Mereka sering terlihat bersama di acara-acara publik dan di media sosial. 

Artika Sari Devi dan Ibrahim Imran sama-sama sukses dengan caranya masing-masing. Mereka menjadi panutan banyak pasangan muda di Indonesia. Mereka menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk memiliki karier yang sukses dan kehidupan keluarga yang bahagia.

Artika memulai karirnya sebagai model pada usia 15 tahun. Dia telah muncul di berbagai majalah mode dan iklan. Artika juga seorang pengusaha wanita yang sukses. 

Berikut adalah beberapa prestasinya:
  1. Putri Indonesia 2004
  2. Miss Universe 2005 (15 Teratas)
  3. Model
  4. Aktris
  5. Pembawa acara televisi
  6. Pengusaha
  7. Pendiri Yayasan Artika Sari Devi

Nadine Chandrawinata - Puteri Indonesia 2005

Nadine Chandrawinata Nadine Chandrawinata adalah seorang aktris, model, dan pecinta lingkungan Indonesia. Ia lahir di Hannover, Jerman, pada tanggal 8 Mei 1984. Ia merupakan putri dari pasangan Andy Chandrawinata dan Elfriede Fortmann. Ia memiliki dua saudara kembar, Marcel Chandrawinata dan Mischa Chandrawinata.

Nadine memulai karirnya sebagai model pada usia 15 tahun. Sejak itu ia telah muncul di berbagai majalah mode dan iklan. Pada tahun 2005, ia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia, yang merupakan kontes kecantikan nasional Indonesia. 

Sebagai Puteri Indonesia, ia mewakili Indonesia di Miss Universe 2006, di mana ia menempati posisi 15 besar. Setelah berkarier sebagai Puteri Indonesia, Nadine tetap berprofesi sebagai model dan aktris. Dia telah membintangi banyak film dan acara televisi, termasuk "Realita Cinta dan Rock & Roll" (2007).

Nadine juga seorang pengusaha wanita yang sukses. Dia adalah pendiri Seasoldier Foundation, yang merupakan organisasi lingkungan yang bekerja untuk melindungi lautan. 

Nadine adalah panutan bagi banyak wanita muda di Indonesia. Dia dikenal karena kecantikannya, kecerdasannya, dan jiwa sosialnya. 

Berikut adalah beberapa prestasinya:
  1. Putri Indonesia 2005
  2. Miss Universe 2006 (15 Teratas)
  3. Model
  4. Aktris
  5. Pembawa acara televisi
  6. Pengusaha
  7. Pendiri Seasoldier Foundation
Nadine Chandrawinata dan suaminya, Dimas Anggara, memiliki ikatan keluarga yang sangat erat. Mereka sering terlihat bersama di acara-acara publik dan di media sosial. Mereka adalah sumber dukungan dan kekuatan satu sama lain.

Nadine dan Dimas memiliki satu anak bersama, seorang putri bernama Nadi Djiwa Anggara, yang lahir pada tahun 2020. Nadi adalah sumber kebahagiaan besar bagi orang tuanya dan sering terlihat di postingan media sosial mereka.

Nadine dan Dimas sama-sama aktif dalam kehidupan putri mereka dan berkomitmen untuk membesarkannya dalam lingkungan yang penuh kasih dan dukungan. Mereka juga terlibat dalam sejumlah organisasi amal dan berkomitmen untuk membuat perbedaan di dunia.

Berikut tampilan lebih detail keluarga Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara:
Pasangan:
Dimas Anggara (l. 2018)

Anak-anak:
Nadi Djiwa Anggara (l.2020)


Nadine dan Dimas adalah pasangan yang serasi dan menjadi inspirasi banyak orang. Mereka menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk memiliki karier yang sukses, kehidupan keluarga yang bahagia, dan membuat perbedaan di dunia.

Agni Pratistha - Puteri Indonesia 2006

Agni Pratistha adalah seorang aktris, model, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2006 (Miss Universe Indonesia), dia mewakili Indonesia dalam kontes Miss Universe 2007 yang diadakan di Mexico City, Meksiko pada Mei 2007, di mana dia memenangkan Best National Costume.

Agni Pratistha Arkadewi Kuswardono lahir 8 Desember 1987 di Canberra, Australia dari orang tua Jawa, saudara perempuannya adalah aktris, Sigi Wimala. Pada tahun 2004, ia menetap di Jakarta, Indonesia. 

Nama lengkapnya "Agni Pratistha" berarti doa kepada Dewa Api yang diilhami oleh ritual Hindu, nama "Agni" berarti Dewa Api dalam bahasa Sansekerta sedangkan "Pratistha" berarti doa. Dia meraih gelar sarjana desain grafis dari Universitas Bina Nusantara di Jakarta, Indonesia, setelah lulus dia bekerja di CosmoGirl Indonesia sebagai Editor Eksekutif dari tahun 2007 hingga 2012.

Setelah berkarier sebagai Puteri Indonesia, Agni tetap berprofesi sebagai model dan aktris. Berbagai film dan acara televisi telah dibintanginya, antara lain "Cinta Tapi Beda" (2012), "Jakarta Hati" (2012), "9 Summers 10 Autumns" (2013), "Pinky Promise" (2016), "Message Man" (2018), dan "Cermin Lipat Tiga Asia 2018: Perjalanan". Dia juga seorang pembawa acara televisi yang populer dan telah membawakan banyak acara, termasuk "Dahsyat" (2009-2013) dan "Indonesian Idol" (2014).

Agni Pratistha
Berikut adalah beberapa prestasinya:
  1. Putri Indonesia 2006
  2. Miss Universe 2007 (Kostum Nasional Terbaik)
  3. Model
  4. Aktris
  5. Pembawa acara televisi
  6. Pengusaha

Gracia Putri Raemawasti Mulyono - Puteri Indonesia 2007

Bernama lengkap Gracia Putri Raemawasti Mulyono dan biasa dipanggil dengan Putri Raemawasti adalah public figure, jurnalis, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang memenangkan gelar Puteri Indonesia 2007 dari Jawa Timur. Pernah kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, jurusan teknik industri.

Raemawasti mewakili provinsi Jawa Timur dalam kontes kecantikan nasional Puteri Indonesia 2007. Ia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2007 pada final yang diadakan di Jakarta Convention Center (3 Agustus 2007) langsung oleh pemegang gelar keluar Puteri Indonesia 2006, Agni Pratistha Arkadewi Kuswardono dari Jawa Tengah. 

Raemawasti mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2008, tetapi tidak menang. Setelah menjabat sebagai Puteri Indonesia, Raemawasti meniti karir di bidang jurnalistik. Dia bekerja sebagai reporter dan pembawa berita untuk beberapa stasiun televisi di Indonesia.  

Puteri Indonesia 2007 merupakan edisi ke-12 dari kontes Puteri Indonesia. Waktu itu diadakan pada tanggal 3 Agustus 2007 di Jakarta Convention Center di Jakarta, Indonesia. Putri Raemawasti dari Jawa Timur dinobatkan oleh Agni Pratistha dari Jawa Tengah.

Kontes tersebut dipandu oleh Darius Sinathrya dan Astrid Tiar. Juri untuk kontes tersebut adalah:
  1. Kusumadewi
  2. FX Hadi Rudyatmo
  3. Kartika Putri
  4. Putri Kuswisnu Wardhani
  5. Ira Wibowo
  6. Dewi Sandra
  7. Ivan Gunawan
  8. Adjie Notonegoro
  9. Feri Salim
  10. Riyo Mori
36 delegasi berkompetisi dalam kontes Puteri Indonesia 2007. Berikut ini adalah pemenangnya:
  • Puteri Indonesia 2007: Putri Raemawasti (Jawa Timur)
  • Runner-up 1: Duma Riris Silalahi (Sumatera Utara)
  • Runner-up 2: Putri Aryani Kristiandini (DKI Jakarta 1)
  • Puteri Indonesia Lingkungan: Masyitah (Riau)
  • Puteri Indonesia Persahabatan: Christy Anggeline Jawiraka (Papua)
Berikut beberapa fakta menarik seputar Puteri Indonesia 2007:
  1. Pertama kalinya kontes Puteri Indonesia 2007 disiarkan langsung di SCTV.
  2. Shinta Septia Dewi dari Bangka Belitung mengukir sejarah sebagai polwan pertama yang berkompetisi di kontes tersebut.
  3. Kontes tersebut dihadiri oleh Miss Universe 2007, Riyo Mori dari Jepang. 

TAHUKAH ANDA? Shinta Septia Dewi dari Bangka Belitung mencatat rekor baru di ajang Putri Indonesia 2007 sebagai peserta pertama yang berprofesi sebagai Polwan. 

Zivanna Letisha Siregar - Puteri Indonesia 2008

Zivanna Letisha Siregar dari DKI Jakarta 6 dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2008 pada 15 Agustus 2008 yang mengantarkan dirinya mewakili Indonesia di Miss Universe 2009 dan berhasil masuk jajaran Top 15.

Puteri Indonesia ke-13 (2008): Zivanna Letisha Siregar

TAHUKAH ANDA? Puteri Indonesia edisi-13 (2008) merupakan edisi perdana yang memberikan beasiswa kepada pemenangnya untuk melanjutkan studi S2 di Universitas Indonesia.

Kontes Puteri Indonesia ke-13 (2008) disiarkan langsung di SCTV dengan dewan juri antara lain; Kusumadewi Sutanto, FX Hadi Rudyatmo, Kartika Putri, Putri Kuswisnu Wardhani, Ira Wibowo, Dewi Sandra, Ivan Gunawan, Adjie Notonegoro, Ferry Salim, dan Dayana Mendoza, Miss Universe 2008.

Kontes Puteri Indonesia ke-13 (2008) dihadiri oleh lebih dari 3.000 orang. Berikut beberapa detail tambahan tentang Zivanna Letisha Siregar:

  1. Zivanna Letisha Siregar lahir pada tanggal 23 Januari 1989 di Jakarta, Indonesia.
  2. Beliau merupakan lulusan Universitas Indonesia dengan gelar Sarjana Ekonomi.
  3. Dia adalah seorang model, aktris, dan presenter TV.

Qory Sandioriva - Puteri Indonesia 2009

Qory Sandioriva - Puteri Indonesia ke-14 (2009) FOTO
Qory Sandioriva - Puteri Indonesia ke-14 (2009) FOTO

Qory Sandioriva adalah seorang aktris, model, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia. Ia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2009 pada 9 Oktober 2009 oleh pendahulunya, Zivanna Letisha Siregar. 

TAHUKAH ANDA? Qory Sandioriva merupakan pemegang gelar termuda dalam sejarah Puteri Indonesia dan wanita pertama dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang memenangkan gelar tersebut.

Sandioriva lahir di Jakarta dari ayah Gayo dan ibu Sunda. Dia bersekolah di Sekolah Al-Azhar untuk pendidikan dasar dan menengahnya. Saat SMA, Sandioriva bergabung dengan Pencak Silat dan tim paduan suara di sekolahnya dan memenangkan kompetisi paduan suara. Ia kuliah di Universitas Indonesia jurusan Sastra Prancis.

Sebelum mengikuti kontes tersebut, Qory Sandioriva memang sudah dikenal sebagai aktris. Beberapa film dan serial televisi pernah dibintanginya, antara lain "Cinta Fitri", "Cinta Kirana", dan "Kisah Sedih di Hari Minggu".

Setelah dinobatkan sebagai Puteri Indonesia, Qory Sandioriva mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2010 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Dia finis di Top 10, menjadikannya delegasi Indonesia dengan posisi tertinggi di Miss Universe sejak 2005.

Setelah berkarier sebagai Puteri Indonesia, Qory Sandioriva melanjutkan karirnya sebagai aktris dan model. Ia juga terlibat dalam beberapa kegiatan filantropi, antara lain bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan SOS Children's Village.


Nadine Alexandra Dewi Ames - Puteri Indonesia 2010

Nadine Alexandra Dewi Ames adalah seorang aktris, model, pemerhati lingkungan, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2010 dan mewakili Indonesia di ajang kontes Miss Universe 2011, tetapi kalah.

Ia lahir pada 23 Mei 1991, di Winchester, Inggris, dari pasangan Clive Ames, seorang pengusaha Inggris, dan Noer Ames, seorang wanita Indonesia. Ia pindah ke Indonesia saat berusia dua bulan dan dibesarkan di Jakarta. 

Dia bersekolah di Gandhi Memorial International School dan North Jakarta International School. Dia juga belajar di Bath Spa University di Inggris, di mana dia mengambil jurusan Film dan Televisi.

Nadine memulai karirnya sebagai model pada usia 15 tahun. Dia telah muncul di beberapa iklan dan iklan cetak. Dia juga membintangi beberapa iklan televisi dan sinetron. Pada tahun 2010, ia dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2010, yang membuatnya berhak mewakili Indonesia dalam kontes Miss Universe. Dia mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2011, yang diadakan di São Paulo, Brasil. 

Setelah berkarier sebagai Puteri Indonesia, Nadine melanjutkan karirnya sebagai aktris dan model. Beberapa film dan serial televisi pernah dibintanginya, antara lain "Slank Nggak Ada Matinya", "Filosofi Kopi 2", dan "Dating Queen". Dia juga muncul di beberapa iklan dan iklan cetak.

Nadine juga seorang pencinta lingkungan. Dia adalah juru bicara World Wildlife Fund dan Forum Lingkungan Hidup Indonesia. Dia juga anggota Palang Merah Indonesia.


Maria Selena - Puteri Indonesia 2011

Maria Selena (lahir 24 September 1990) adalah seorang aktris Indonesia, presenter TV, dan mantan pemain bola basket. Dia terkenal karena memenangkan gelar Puteri Indonesia 2011 dan mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2012.

Maria Selena - Puteri Indonesia ke-16 (2011)

Selena lahir di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Dia adalah keturunan campuran Sunda dan Jawa. Ia bersekolah di SMA Negeri 3 Semarang dan Institut Teknologi Bandung, di mana ia belajar Administrasi Bisnis.

Selena memulai karirnya sebagai pemain bola basket. Dia bermain untuk Demam Surabaya dan Predator Merah Putih Jakarta di Liga Bola Basket Nasional Wanita Indonesia. Dia juga mewakili Indonesia di Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011.

Pada 2011, Selena dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2011. Ia mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2012, di mana ia finis di Top 10.

Setelah berkarier sebagai Puteri Indonesia, Selena melanjutkan karirnya sebagai aktris dan presenter TV. Beberapa film dan serial televisi pernah dibintanginya, antara lain "Darah Garuda", "Suara Hati Istri", dan "Ganteng-Ganteng Serigala". Dia juga membawakan beberapa acara TV, termasuk "Dahsyat", "Inbox", dan "My Trip My Adventure".  


Inesh Putri Tjiptadi Chandra - Puteri Indonesia 2012

Inesh Putri Tjiptadi Chandra adalah pegolf profesional Indonesia dan pemegang gelar kontes kecantikan yang dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2012. Ia mewakili Indonesia di kontes Miss World 2012 dan masuk ke dalam jajaran Top 15.

Inesh lahir di Denpasar, Bali, Indonesia pada tanggal 5 September 1989. Ia beragama Buddha dan merupakan campuran Bali dan Tionghoa. Dia bersekolah di SMA Negeri 3 Denpasar dan Akademi IMG di Bradenton, Florida, tempat dia belajar golf.

Inesh Putri Tjiptadi Chandra

Inesh memulai karirnya sebagai pegolf pada usia 12 tahun. Dia telah memenangkan beberapa turnamen golf amatir, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004 untuk Bali. Dia adalah orang termuda yang pernah bersaing untuk Tim Golf Nasional Indonesia.

Pada tahun 2012, Inesh dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2012. Ia mewakili Indonesia di ajang Miss World 2012 yang diadakan di Ordos, Inner Mongolia, China.

Setelah bertahta sebagai Puteri Indonesia, Ines melanjutkan karirnya sebagai pegolf. Dia juga bekerja sebagai model dan presenter TV. 


Whulandary Herman - Puteri Indonesia 2013

Whulandary Herman adalah model, aktris, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2013. Dia mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2013, di mana dia finis di Top 16.

Whulandary lahir di Pariaman, Sumatera Barat, Indonesia pada tanggal 26 Juni 1987. Ia merupakan keturunan Minangkabau. Dia kuliah di Universitas Paramadina, tempat dia belajar Hubungan Masyarakat.

Whulandary Herman

Whulandary memulai karirnya sebagai model pada tahun 2007. Ia telah tampil di beberapa peragaan busana dan iklan. Dia juga telah memenangkan beberapa kontes kecantikan, termasuk Miss Indonesia 2013.
Pada 2013, Whulandary mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2013 yang diadakan di Moskow, Rusia. Dia finis di Top 16, yang merupakan penempatan tertinggi untuk Indonesia sejak 2005.   

Elvira Devinamira Wirayanti - Puteri Indonesia 2014

Elvira Devinamira Wirayanti adalah model, aktris, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2014. Dia mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2014, di mana dia masuk dalam 15 Besar dan memenangkan penghargaan Kostum Nasional Terbaik.

Elvira lahir pada tanggal 28 Juni 1993 di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Dia keturunan Jawa. Ia bersekolah di SMA Negeri 5 Surabaya dan Universitas Airlangga, tempat ia belajar Hukum.

Elvira memulai karirnya sebagai model pada usia 16 tahun. Ia telah tampil di beberapa peragaan busana dan iklan. Dia juga telah memenangkan beberapa kontes kecantikan, termasuk Puteri Indonesia 2014.

Pada tahun 2014, Elvira mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2014 yang diadakan di Doral, Florida, Amerika Serikat. Dia ditempatkan di Top 15 dan memenangkan penghargaan Best National Costume

Anindya Kusuma Putri - Puteri Indonesia 2015

Anindya Kusuma Putri adalah model, aktris, pembawa acara televisi, dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2015. Dia mewakili Indonesia di kontes Miss Universe 2015, di mana dia masuk dalam 15 Besar.

Anindya lahir pada tanggal 3 Februari 1992 di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Dia keturunan Jawa. Ia bersekolah di SMA Negeri 1 Semarang dan Universitas Diponegoro, dimana ia belajar Manajemen.

Anindya memulai karirnya sebagai model pada usia 16 tahun. Ia telah tampil di beberapa peragaan busana dan iklan. Dia juga telah memenangkan beberapa kontes kecantikan, termasuk Puteri Indonesia 2015.

Anindya Kusuma Putri
Anindya Kusuma Putri (foto)

Pada 2015, Anindya mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2015 yang diadakan di Doral, Florida, Amerika Serikat. Dia ditempatkan di Top 15 dan memenangkan penghargaan Best National Costume.

Anindya adalah wanita yang berbakat dan berprestasi. Dia adalah inspirasi bagi wanita muda di Indonesia dan di seluruh dunia. Dia menggunakan platformnya untuk membuat perbedaan di dunia dan untuk membantu orang lain.

Berikut adalah beberapa prestasinya:
  1. Puteri Indonesia 2015
  2. Miss Universe 2015 Top 15
  3. Kostum Nasional Terbaik Miss Universe 2015
  4. Juru Bicara Palang Merah Indonesia
  5. Juru Bicara SOS Children's Village
  6. Anggota Badan Narkotika Indonesia

Kezia Roslin Cikita Warouw - Puteri Indonesia 2016

Puteri Indonesia 2016 adalah edisi ke-21 dari kontes Puteri Indonesia yang diadakan pada tanggal 19 Februari 2016 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Indonesia. Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015 Jawa Tengah, menobatkan penggantinya Kezia Warouw dari Sulawesi Utara di penghujung acara. 

Semua 39 kontestan dari 34 provinsi bersaing memperebutkan mahkota. Pemenangnya mewakili Indonesia di Miss Universe 2016, sedangkan runner-up berkompetisi di Miss International 2016, Miss Supranational 2016, dan Miss Grand International 2016.

Berikut daftar Pemenang Putri Indonesia 2016
  1. Kezia Roslin Cikita Warouw Sulawesi Utara 
  2. Felicia Hwang dari DKI Jakarta 5 
  3. Intan Aletrino dari DKI Jakarta 3 
  4. Ariska Putri Pertiwi dari Sumatera Utara
Kontes tersebut dipandu oleh Daniel Mananta dan Ayu Dewi. Juri untuk kontes tersebut adalah:
  • Liliana Tanoesoedibjo, Ketua Organisasi Miss Universe Indonesia
  • Ivan Gunawan, perancang busana
  • Melanie Putria, Puteri Indonesia 2002
  • Choky Sitohang, aktor dan pembawa acara TV
  • Putri Raemawasti, Puteri Indonesia 2007
  • Okky Asokawati, pengusaha dan perancang busana
  • Kontes tersebut juga dihadiri oleh Miss Universe 2015 Pia Wurtzbach, Miss International 2015 Edymar Martínez, dan Miss Supranational 2015 Jenny Kim.
Puteri Indonesia 2016 adalah kontes sukses yang memamerkan kecantikan dan bakat wanita Indonesia. Kezia Warouw adalah pemenang yang layak dan dia mewakili Indonesia dengan bangga di Miss Universe 2016.


Kezia Roslin Cikita Warouw, yang akrab dipanggil Kezia Warouw merupakan model dan ratu kecantikan asal Indonesia. Ia merupakan pemenang utama kontes Puteri Indonesia 2016 mewakili provinsi Sulawesi Utara. Ia mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2016 dan meraih posisi 13 Besar. 

Kevin Lilliana - Puteri Indonesia 2017

Kevin Lilliana merupakan model Indonesia dan pemegang gelar kontes kecantikan yang dinobatkan sebagai Miss International 2017. Dia adalah wanita Indonesia pertama yang memenangkan Miss International, dan yang pertama memenangkan salah satu dari empat kontes internasional utama untuk Indonesia. 

Sebelum menjadi juara Miss International, Kevin Lilliana sebelumnya dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017. Kevin Lilliana lahir pada tanggal 5 Januari 1996 di Bandung, Indonesia. Dia keturunan Tionghoa-Indonesia. Dia lulus dari Universitas Kristen Maranatha dengan gelar di bidang desain interior.
Kevin Lilliana memulai karir modelingnya pada usia 16 tahun. Ia telah tampil di berbagai majalah mode dan iklan. Dia juga menjadi juru bicara beberapa merek, termasuk L'Oréal Paris dan Maybelline.
Pada 2017, Kevin Lilliana berkompetisi di kontes Puteri Indonesia. Dia mewakili provinsi Jawa Barat dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017. Dia kemudian mewakili Indonesia di kontes Miss International yang diadakan di Tokyo, Jepang. 
Kevin Lilliana memenangkan kontes tersebut dan menjadi wanita Indonesia pertama yang dinobatkan sebagai Miss International.
Kevin Lilliana Putri Indonesia 2017

Sebagai Miss International, Kevin Lilliana melakukan perjalanan ke lebih dari 30 negara dan berbicara tentang platform pendidikannya untuk semua. Dia juga bekerja dengan berbagai badan amal dan organisasi untuk membantu meningkatkan kehidupan anak-anak dan perempuan.

Sonia Fergina Citra - Puteri Indonesia 2018

Sonia Fergina Citra adalah model Indonesia dan pemegang gelar kontes kecantikan yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018. Dia mewakili negaranya di kontes Miss Universe 2018 yang diadakan di IMPACT Arena, Muang Thong Thani di Provinsi Nonthaburi, utara Bangkok, Thailand. 

Sonia Fergina Citra - Puteri Indonesia ke-23 (2018)
Sonia menjadi wakil Indonesia keenam, ketiga Sumatra, dan wakil Bangka Belitung kedua yang berhasil mencapai semifinal dalam sejarah Miss Universe.
Sonia lahir pada tanggal 27 April 1993 di Tanjung Pandan, Bangka Belitung, Indonesia. Dia keturunan Tionghoa-Indonesia. Dia lulus dari Universitas Bina Nusantara dengan gelar dalam sastra Inggris. Dia saat ini menyelesaikan gelar masternya di bidang manajemen bisnis dari PPM School of Management.

Sonia memulai karir modelingnya pada usia 16 tahun. Ia telah tampil di berbagai majalah mode dan iklan. Dia juga menjadi juru bicara beberapa merek, termasuk L'Oréal Paris dan Maybelline.

Pada tahun 2018, Sonia berkompetisi di kontes Puteri Indonesia. Dia mewakili provinsi Bangka Belitung dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018. Dia kemudian mewakili Indonesia di kontes Miss Universe yang diadakan di Bangkok, Thailand. Dia ditempatkan di 20 besar dan menjadi wanita Indonesia pertama yang masuk 20 besar sejak 2011.

Frederika Alexis Cull - Puteri Indonesia 2019

Frederika Alexis Cull, atau yang lebih dikenal sebagai Frederika Cull adalah seorang model, aktris dan aktivis berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan pemenang kontes Puteri Indonesia 2019 dengan mewakili DKI Jakarta 1. Frederika mewakili Indonesia pada kontes Miss Universe 2019 dan berhasil meraih posisi 10 Besar.

Frederika menjadi orang Indonesia ketujuh, dan perwakilan SCR Jakarta pertama yang ditempatkan sebagai finalis dalam sejarah Miss Universe.
Frederika Alexis Cull

Perempuan yang pernah main dalam film Buku Harian Dara ini lahir pada tanggal 5 Oktober 1999 di Jakarta, Indonesia. Dia keturunan Inggris-Indonesia. Ia lulus dari Australian Independent School Indonesia dan juga lulus dari program International Baccalaureate di British School Jakarta, kemudian melanjutkan studinya di International Business di Regent's University London.

Frederika memulai karir modelingnya pada usia 9 tahun. Ia telah tampil di berbagai majalah mode dan iklan. Dia juga menjadi juru bicara beberapa merek, termasuk L'Oréal Paris dan Maybelline.

Pada tahun 2019, Frederika berkompetisi di kontes Puteri Indonesia. Ia mewakili provinsi DKI Jakarta 1 dan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2019. Ia kemudian mewakili Indonesia di ajang Miss Universe yang diadakan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dia masuk 10 besar dan menjadi wanita Indonesia pertama yang masuk 10 besar sejak 2011.

Raden Roro Ayu Maulida Putri - Puteri Indonesia 2020

Raden Roro Ayu Maulida Putri pernah menuliskan tanda syukur di media sosial instagram, setelah dirinya dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2020, "Diverifikasi. Ini membanggakan ketika satu gambar dapat menggambarkan seribu kata tetapi tidak dapat mengungkapkan sejuta 'terima kasih"'

Raden Roro Ayu Maulida Putri - Puteri Indonesia 2020

Perhelatan Puteri Indonesia 2020 

Puteri Indonesia 2020 adalah edisi ke-24 dari kontes Puteri Indonesia yang diadakan pada tanggal 6 Maret 2020 di Jakarta Convention Center di Jakarta, Indonesia. 

Raden Roro Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur dinobatkan oleh Frederika Alexis Cull - Pemegang mahkota Puteri Indonesia di tahun sebelumnya. Dengan kemenangannya tersebut, otomatis sebagai bekal tiket dirinya melenggang mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020, di mana ia menempati posisi 21 Besar.

Kontes tersebut dipandu oleh Daniel Mananta dan Patricia Gouw. Juri untuk kontes tersebut adalah:
  1. Liliana Tanoesoedibjo, Ketua Organisasi Miss Universe Indonesia
  2. Putri Kuswisnu Wardhani, Puteri Indonesia 2004
  3. Melanie Putria, Puteri Indonesia 2006
  4. Nadine Chandrawinata, Puteri Indonesia 2007
  5. Whulandary Herman, Puteri Indonesia 2013
  6. Kevin Lilliana, Puteri Indonesia 2016
  7. Kezia Warouw, Puteri Indonesia 2017
  8. Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia 2019
Kontes ini terdiri dari beberapa babak kompetisi, antara lain:
  • Gaun Malam
  • Kostum Nasional
  • Tanya Jawab
Berikut 6 besar finalis Puteri Indonesia 2020:
  1. Raden Roro Ayu Maulida Putri, Jawa Timur
  2. Putu Ayu Saraswati, Bali
  3. Kalista Iskandar, Sumatera Barat
  4. Angel Virginia Boelan, Nusa Tenggara Timur
  5. Yoan Clara Teken, Maluku
  6. Jihane Almira Chedid, Jawa Tengah
Raden Roro Ayu Maulida Putri dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2020. Dia dinobatkan oleh pemegang gelar sebelumnya, Frederika Alexis Cull. Maulida mewakili Indonesia di Miss Universe 2020, di mana ia menempati posisi 21 Besar.


Laksmi Shari De-Neefe Suardana - Puteri Indonesia 2021

Laksmi Shari De-Neefe Suardana dari Bali dinobatkan oleh pemegang gelar keluar, Raden Roro Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur. Suardana mewakili Indonesia di Miss Universe 2022, di mana ia menempati posisi 10 Besar.

Di Akun Instagramnya, Laksmi Shari De-Neefe Suardana menulis dalam bahasa Inggris yang lebih kurang berarti, "Hal yang saya sukai dari menjadi orang Indonesia adalah saya dapat merayakan kreativitas mode berkat budaya kita yang sangat beragam."

Laksmi Shari De-Neefe Suardana
Foto: di sini
Kontes tersebut dipandu oleh Daniel Mananta dan Patricia Gouw. Juri untuk kontes tersebut adalah:
  1. Liliana Tanoesoedibjo, Ketua Organisasi Miss Universe Indonesia
  2. Putri Kuswisnu Wardhani, Puteri Indonesia 2004
  3. Melanie Putria, Puteri Indonesia 2006
  4. Nadine Chandrawinata, Puteri Indonesia 2007
  5. Whulandary Herman, Puteri Indonesia 2013
  6. Kevin Lilliana, Puteri Indonesia 2016
  7. Kezia Warouw, Puteri Indonesia 2017
  8. Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia 2019
  9. Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia 2020
Kontes ini terdiri dari beberapa babak kompetisi, antara lain:
  • Gaun Malam
  • Kostum Nasional
  • Tanya Jawab
Berikut 6 besar finalis Puteri Indonesia 2021:
  1. Laksmi Shari De-Neefe Suardana, Bali
  2. Jihane Almira Chedid, Jawa Tengah
  3. Anya Geraldine, DKI Jakarta 1
  4. Cindy May McGuire, DKI Jakarta 3
  5. Rr Ayu Maulida Putri, Jawa Timur
  6. Putri Megonondo, DKI Jakarta 5
Laksmi Shari De-Neefe Suardana dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2021. Dia dinobatkan oleh pemegang gelar sebelumnya, Raden Roro Ayu Maulida Putri dari Jawa Timur. Suardana mewakili Indonesia di Miss Universe 2022, di mana ia menempati posisi 10 Besar.

Laksmi Shari De-Neefe Suardana - Puteri Indonesia 2022


Puteri Indonesia 2023 


Farhana Nariswari Wisandana adalah seorang dokter berusia 26 tahun dari Bandung, Jawa Barat. Dia fasih berbahasa Inggris dan Spanyol. Dia juga seorang sukarelawan di Palang Merah Indonesia dan Organisasi Kesehatan Dunia. 

Farhana sangat bangga mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia. Dia percaya bahwa Indonesia adalah negara yang indah dan beragam dengan sejarah dan budaya yang kaya. Dia sangat senang dan bangga bisa mewakili Indonesia di Miss International 2023 dan menjadi duta Indonesia guna membagikan rasa cinta kepada Indonesia kepada dunia.


Berikut beberapa berita seputar Puteri Indonesia 2023:
  1. Farhana Nariswari Wisandana dari Jawa Barat dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023. Dia dinobatkan oleh pemegang gelar sebelumnya, Laksmi Shari De-Neefe Suardana dari Bali. Farhana akan mewakili Indonesia di ajang Miss International 2023.
  2. Kontes diadakan pada 19 Mei 2023 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center di Jakarta. Kontes tersebut dipandu oleh Choky Sitohang dan Patricia Gouw.
  3. Tema Puteri Indonesia 2023 adalah "Bangga Berbudaya". Tema ini dipilih untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia.
Kontes ini terdiri dari beberapa babak kompetisi, antara lain:
  • Gaun Malam
  • Kostum Nasional
  • Tanya Jawab
Berikut 6 besar finalis Puteri Indonesia 2023:
  1. Farhana Nariswari Wisandana, Jawa Barat
  2. Yasita Yudhatama, DKI Jakarta 1
  3. Lulu Zaharani, DKI Jakarta 3
  4. Adelia Wibowo, Jawa Tengah
  5. Nadia Mulya Putri, Sumatera Selatan
  6. Cindy May McGuire, DKI Jakarta 5


-------------- 

Baca Artikel Lainnya di Google News

LihatTutupKomentar