Buah-buahan dan Tumbuhan yang Disebut dalam Alquran

Posting Komentar
Buah-buahan dan Tumbuhan yang Disebut dalam Alquran -- Alquran merupakan pedoman dan petunjuk utama bagi semua Muslim di seluruh penjuru dunia. Alquran berisi pokok-pokok lengkap dan kompleks mulai dari akidah, ibadah dan muamalah, hukum, sejarah, akhlak, termasuk ilmu pengetahuan.

Menyoal Ilmu Pengtahuan terdapat beberapa tumbuhan yang dijelaskan dalam Alquran diantaranya; zanjabīl (jahe), baṣal (bawang), sidr (pohon cemara/cedar). Ada pula buah-buahan yang disebutkan dalam Alquran, seperti; ṭalḥ (pisang), rummān (delima), dan nakhlah (kurma).

Dan berikut uraian mengenai Buah-buahan dan Tumbuhan yang Disebut dalam Alquran.

Pohon Tin

Di Indonesia bernama umum buah tin.

Klasifikasi

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas : Dilleniidae
  • Ordo : Urticales
  • Famili : Moraceae (suku nangka-nangkaan)
  • Genus : Ficus
  • Spesies : Ficus carica L.

Banyak Negara Membudidayakan Buah Tin

Buah Tin jamak subur tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Hari ini banyak negara yang membudidayakan buah tin - seperti; Australia, Cile, Argentina, dan Amerika Serikat.

Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10 meter dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 hingga 5 cuping. Jamak yang mengira bunga tin sebagai buah karena terlindung oleh dasar bunga yang menutupinya. Tawon khusus yang mirip dengan serangga kerap melakukan penyerbukan jenis-jenis Ficus lainnya.

Sebenarnya, yang menjadi buah dari pohon tin adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya memiliki ukuran panjang 3 hingga 5
cm dan berwarna hijau. Beberapa varietas buah tin yang dibudidayakan oleh petani (kultivar) berubah warna menjadi ungu setelah matang. Getah buah tin bisa menyebabkan iritasi pada kulit manusia. 

Buah-buahan dan Tumbuhan yang Disebut dalam Alquran

Penyebutan dalam Al-Quran

Tumbuhan Tiin terdapat pada Al-Quran Surat At-Tiin ayat 1 yang artinya: “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun”. 

Kandungan Kimia dan Manfaat Tumbuhan

Californaia Fig Nutritional Information pernah melakukan penelitian yang menyimpulkan bahwa buah tin mengandung serat yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12.2 g serat sedangkan apel hanya 2.0 g dan jeruk 1.9 g. 

Buah Tin untuk Diet dan Puasa

Serat buah tin memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga cocok bagi orang yang sedang menjalani diet atau puasa. Buah ini pun memiliki kandungan gula yang tinggi, tubuh akan mencerna sedikit demi sedikit karena kandungan gula di buah tin merupakan gula buah yang komplek. 

Buah Tin dinilai cocok sebagai hidangan menu berbuka puasa atau santap sahur untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa atau memberi energi selama berpuasa. Dalam penelian lain,tin juga mengandung asam lemak takjenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, seperti; omega-3 dan omega-6. 

Obat Diabetes Melitus dan Kaya Vitamin dan Mineral

Penderita diabetes mellitus cocok mengonsumi buah tin karena buah ini rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol. Keistimewaan lainnya, buah tin kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Setiap 100 g buah tin mengandunng vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat bersi serta kalium. Kalium adalah mineral yang bersifat diuretik sehingga membantu mengeluarkan garam dalam tubuh. Penderita hipertensi direkomendasi mengonsumsi buah tin karena vitamin dan mineralnya sangat diperlukan tubuh untuk menjaga dan memelihara kesehatan organ tubuh kita.  
Admin
Rumah Bisnis Soreang merupakan sebuah direktori resmi menginformasikan bisnis di kabupaten Bandung khususnya di kecamatan Soreang.

ARTIKEL LAIN:

Posting Komentar