BACA :

12 Film Inspiratif Tentang Bisnis

Film Inspiratif Tentang Bisnis

Hampir setiap orang pasti suka menonton film. Terutama film yang erat kaitannya dengan apa yang kita alami. Selain sebagai hiburan atau media refreshing, film ternyata juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi para penontonnya.

Tak terkecuali film tentang bisnis dan perjuangan para pengusaha sukses di berbagai belahan dunia. Inilah kumpulan film motivasi bisnis yang bisa menginspirasi kamu untuk tetap semangat dalam menghadapi berbagai rintangan dalam berbisnis.


1. The Social Network (2010)

Social Network merupakan salah satu film tentang bisnis yang paling populer. Film ini menceritakan tentang bagaimana lahirnya salah satu platform media sosial paling terkenal di dunia “Facebook”.



Di dalam film diceritakan tentang proses jatuh bangunnya seorang Mark Zuckerberg dalam merintis sebuah startup yang awalnya bernama “The facebook”. Termasuk juga tentang perjalanannya dalam menghadapi pengkhianatan dari teman yang juga pendiri dari startup tersebut. Film ini sangat cocok buat kamu yang bercita-cita untuk mendirikan startup.


2. Pirates of Sillicon Valley (1999)

Siapa sih yang tidak kenal dengan Steve Job dan Bill Gates? Keduanya bahkan menjadi idola dan role model para pebisnis sukses di dunia. Nah, buat kamu yang juga mengidolakan mereka dan ingin tahu perjalanannya dalam mengembangkan perusahaan, wajib banget hukumnya menonton film Pirates of Sillicon valley ini.

Di film ini akan diceritakan tentang perjalanan keduanya dalam mengembangkan personal computer hingga menjadi sebuah brand teknologi ternama baik Apple atau Microsoft bahkan persaingan bisnis antara keduanya.


3. Jobs (2013)

Masih tentang Steve Jobs. Jika film sebelumnya menceritakan tentang perjuangan Steve Jobs dan Bill Gates dalam mengembangkan perusahaan mereka. Untuk film Jobs ini lebih menceritakan tentang perjalanan seorang Steve Jobs dalam membangun dan membesarkan brand Apple dari nol.

Film besutan sutradara ternama, Joshua Michael Stern ini bisa menjadi salah satu film tentang bisnis yang recommended buat kamu yang sedang mencari inspirasi dan motivasi untuk berbisnis.


4. Crocodile in The Yangtze (2012)

Kalau di amerika ada Steve Jobs dan Bill gates, maka di Asia tepatnya di negeri tiongkok ada seorang Jack Ma. Nah, film Crocodile in The Yangtze ini menceritakan tentang Jack Ma, yang dulunya seorang guru menjadi founder salah satu startup tersukses di dunia, Alibaba.com.

Buat kamu yang sedang mencari film tentang proses membangun startup, maka film ini adalah pilihan yang tepat.

5. The Founder (2017)

Kamu berencana untuk memulai bisnis di bidang Food n Beverages (FnB)? Atau kamu penggemar setia McDonald? Nah, kamu wajib banget nonton film yang satu ini. Pasalnya, film The Founder ini menceritakan tentang lika-liku perjalanan Ray Kroc dalam membangun bisnis franchise Mc Donald.

Sebelum menjadi seorang pebisnis yang sukses, Ray Kroc sempat mengalami beberapa kali penolakan saat menawarkan produknya. Dan meskipun dalam prosesnya dibumbui oleh drama dari penemu awal McD, yaitu Mac dan Dick. Namun, berkat kegigihan dan semangat untuk sukses, akhirnya McDonalds bisa menjadi brand populer di dunia hingga saat ini.


6. Startup (2015)

Buat anak-anak muda yang sedang dalam proses untuk membangun startup, maka sangat disarankan untuk menonton film serial TV tentang bisnis yang satu ini. Di dalam film ini dikisahkan tentang dua sahabat yang membangun bisnis di bidang website atau platform yang terhubung langsung dengan pemerintah.

Termasuk, perjuangan saat keduanya mencari investor dan beberapa konflik yang kemudian muncul dan mengancam persahabatan maupun bisnis mereka. Ini adalah konflik yang umum terjadi saat kedua sahabat membangun bisnis bersama-sama. Dan kamu bisa belajar dari film ini.

7. The Startup Kids (2012)

Startup Kids adalah film dokumenter tentang anak-anak muda yang menjadi founder startup di beberapa negara di Eropa dan Amerika. Di dalam film itu, mereka bercerita tentang bagaimana perjuangan mereka dalam merintis startup di bidang teknologi. Seperti Soundcloud, Dropbox, dan juga Vimeo. Selain itu, mereka juga berbagi pengalaman tentang lingkungan startup termasuk cara untuk mencari permodalan.

8. The Billionaire (2012)

Dari hollywood, kita bergeser ke Thailand yang terkenal dengan film-film romantis dan lucu. Namun dibalik itu, Thailand juga bisa memproduksi film tentan bisnis yang sangat menginspirasi.

Salah satunya adalah film The Billionaire yang menceritakan tentang kisah sukses seorang pengusaha muda dari Thailand bernama Top Ittipat dalam mengembangkan bisnis cemilan dari rumput laut.

Perjuangannya dalam membayar hutang keluarga hingga keberhasilannya meraih omzet hingga 200 miliar dikemas secara apik dalam film ini. Sangat menginspirasi bukan?

9. Sundul Gan: The Story of Kaskus (2016)

Tak perlu jauh-jauh ke negeri tetangga, anak negeri juga bisa memproduksi film tentang bisnis yang inspiratif. Salah satunya film Sundul Gan: The Story of Kaskus. Film garapan Naya Anindita ini mengangkat kisah 2 orang bersaudara, Ken Andrew dan Andrew Darwis dalam membangun dan membesarkan Kaskus yang lekat dengan tagline ‘sundul gan’. Kaskusers mana suaranya?

10. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Satu lagi film Indonesia yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk tetap semangat dalam mengembangkan sebuah bisnis, Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Film yang mengisahkan tentang perjuangan seorang pebisnis, motivator sekaligus penulis terkenal Merry Riana ini termasuk salah satu film yang populer di tanah air.

Pasalnya, dalam film ini diceritakan perjuangan Merry Riana saat harus berkuliah dan bertahan hidup di Singapura hingga berhasil mendapatkan satu juta dolar pertamanya. Sehingga, sangat cocok untuk ditonton buat anak-anak muda khususnya perempuan yang bercita-cita untuk menjadi womanpreneur sukses seperti Merry Riana.


11. Chef (2014)

Film inspiratif tentang bisnis yang selanjutnya adalah film dari Amerika yang berjudul “Chef”. Film yang satu ini mengisahkan tentang seorang chef yang dipecat dari tempat dia bekerja setelah seorang chef vlogger mengkritiknya.

Dia merespon kritikan itu dengan kemarahan yang ditumpahkan di media sosial yang kemudian menjadi viral. Setelah dipecat, dia kemudian membuka bisnis food truck bersama teman dan anaknya. Dengan media pemasaran yang unik akhirnya bisnisnya berkembang dan sukses.


12. Band Baaja Baaraat (2010)

Berbeda dengan film inspirasi bisnis yang lainnya, film Band Baaja Baaraat ini memiliki plot yang cukup unik. Film india bergenre drama komedi ini menceritakan tentang dua sahabat dari latar belakang keluarga yang sangat berbeda.

Di mana Shruti dari keluarga menengah memiliki kepribadian yang ambisius, fokus, dan penuh semangat untuk meraih mimpinya. Berbeda sekali dengan sahabatnya, Bitto yang terbiasa hidup santai, malas, dan gemar bersenang-senang.

Setelah lulus sarjana, keduanya bersepakat untuk membangun bisnis Wedding Organizer (WO). Keduanya harus melewati proses naik dan turunnya bisnis yang menguji persahabatan mereka hingga akhirnya keduanya saling jatuh cinta.

Film ini sangat cocok ditonton buat kamu yang berkeinginan menjalankan bisnis wedding planner.

Baik … Demikianlah sekilas informasi seputar 12 Film Inspiratif Tentang Bisnis
Semoga mampu membangkitkan semangat Anda dalam menjalankan bisnis dan hari ini apabila kita ingin memulainya harus secara kolaborasi termasuk Anda para Pelaku UKM. Selamat beraktifitas!

No comments