BACA :

Smartphone Di Pasar Indonesia

Smartphone Di Pasar Indonesia - Siapa sih yang saat ini belum memakai smartphone? Sering dengan perkembangan zaman smartphone kini mempunyai fitur yang lebih banyak, serta lebih canggih mengikuti masanya.

Dengan majunya jaringan internet yang lebih memudahkan untuk segala keperluan. Namun tahukah anda bila merk merk smartphone seperti hp Samsung dan lain lain kini kian bersain di pasar Indonesia.

Lembaga survey canalys, akhir akhir ini mengungkapkan laporan tentang pasar smarphone di inodnesia. Perusahaan riset yang berada di Hongkong itu, menyebutkan bahwa di kuartal keempat pada tahun 2028 yang lalu, Pengiriman smartphone ke negara kita Indonesia mencapai 9,5 juta unit, tumbuh 8,6% dari periode sama seperti tahun sebelumnya.

Pertumbuhan yang cukup tinggi di kuartal terakhir itu, menggenapi dumlah perminaan sepanjang tahun 2018, menjadi 38 juta unit. Ini adalah rekor barum karena terdapat kenaikan hinga 17,1% dibandingkan periode 2017.

Dengan adanya pengiriman sebanyak itu, canalys menyeburkan bahwa pasar smartphone di Indonesia kini sudak pulih total dari titik terendah do 206 (pertumbuhan tahunan -3,3%) dan 2017 (pertumbuhan tahunan 0,6%), sebagai dampak berlakunya kebijakan TKDB untuk vendor smartphone.

Secara umum, canaylis menilai pasar Indonesia tumbuh secara konsisten pada tahun sebelumnya. Dengan demikian, Indonesia kembali ke daftar pasar smartphone, karena lingkungan yang relatis stabil (peraturan dan sosial) dibandingkan denga pasar negara berkembang lainnya.

Meskipun momentum sedikit melambat menjelang akhir 2017 karena pelemahan rupiah terhadap dollar as, namun secara umum, kinerja Indonesia jauh lebih baik dibandngkan china dan negara-negara lain di wilayah asia tenggara.

Smartphone Di Pasar Indonesia
[internet]

Smartphone Di Pasar Indonesia

Indonesia hanya kalah oleh india yang tumbuh fenomenal. Bedasarkan laporan IDC, tahin lalu permintaan smartphone di India melonjak dengan pertumbuhan dua digit. IDC mengungkapkan tak kurang sebanyak 142.3 juta unit smartphone terserap di negeri indiam Terkerek hinga 14,5% dibanding 2017, sebesar 124,4 juta unit.

Pertumbuhan inida kotras dengan negeri tiongkok china yang terus mengalami penurunan. Canalys melaporkan pada tahun 2018 total penjualan hp cerdas di pasar terbesar di dunoa itu hanya berjumlah 396 juta unit.

Anjlok sebesar 14% dibandingkan pada tahun 2017, hasil ini merupakan pencapaian terendah sejak tahun 2013. Jika di Indonesia, sesunguhnya tidak mengalami perubahan dibandingkan kuartal sebelumnya jika melihat daftar lima vendor penguasa smartphone di pasar Indonesia.

Hp Samsung masih bertajan di posisi puncak dengan market share 25,4% diikuti xiaomo 20,5%, OPPo 19,5% dan advan sebanyan 4,1%. Dengan pertumbuhan yang konsisten, manajer riset canalys rushabh doshi, tak ragi mengatakan bahwa pasa smartphone Indonesia berada di puncaknya. Perkmbangan pesat di penjualan online memicu pertumbuhan, seiring tingginya minat konsumen untuk mengupgrade smartphone.

Menurut kajian canalys, Samsung masih merajai pasa smartphone di Indonesia. Raksasa korea selatan ini menggengam 25,4% pangsa pasar. Tumbuh 21,5% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, dengan lebih dari 2,4 juta unit dikirimkan.

Ini merupakan tahun ke tujuh Samsung mempertahankan posisi puncak, setelah pertama kali meraih predikay itu pada 2012, sejalan dengan moncernya android sebagai OS popular di Indonesia.

Bisa disimpulkan dua tahun sebelum menjadi salah satu tahun terbaik Samsung. Pangsa pasar chaebol korea itu mencapai rekor tertinggi, yakni 32,2% (Q3-206). Naik signifikan sebasar 26% dibandingkan periode sama, namun kompetesi yang ketat di berbagai segmen membuat pangsa pasar Samsung semakin menurun namun tetap bertahan.[w3/4/2019_Ti]

1 comment: