Coworkfest 2017 Kolaborasi Bareng Coworking Indonesia dengan BRI

Usai menggelar Temu Coworking di Bandung selama 3 hari (19 hingga 21 Mei), ​Perkumpulan Coworking Indonesia akan kembali mengajak masyarakat supaya lebih mengenal dengan dunia ​coworking space. 

Coworkfest 2017 Kolaborasi Bareng Coworking Indonesia dengan BRI

Coworkfest 2017 Kolaborasi Bareng Coworking Indonesia dengan BRI

Upaya yang dilakukannya adalah dengan menggelar ​Coworkfest 2017​ selama 2 hari yaitu pada 25 dan 26 November 2017. Menurut rencananya, festival ini sudah berhasil menggandeng ​BRI. Acara ini bertemakan, "​Coworking​ ​Indonesia​ ​Tumbuhkan​ ​Semangat Coworking​ ​Lewat​ ​Coworkfest​ ​2017"

Coworkfest 2017 adalah festival yang akan menghadirkan banyak kegiatan seperti​ ​panel​ ​diskusi,​ ​​workshop,​ ​hiburan​ ​dan​ ​aktivitas​ ​seru​ ​lainnya. Coworking Indonesia berharap melalui kegiatan Coworkfest 2017, budaya ​coworking di Indonesia terus berkembang dan mendukung tumbuhnya komunitas di dalamnya.

Jamak masyarakat yang masih awam dengan keberadaan ​coworking space saat ini. Pada praktiknya, ​coworking space bukan sekadar tempat persinggahan untuk bekerja. Ada tiga hal penting yang ingin ditekankan, yakni;

  1. kolaborasi ​(collaboration), 
  2. konektivitas (connectivity) dan​ 
  3. ​komunitas​ ​​(community). 

Di mata pemerintah dan korporasi, Coworking space berperan penting dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif Tanah Air, pasalnya, ia memiliki nilai mampu untuk ditawarkan, seperti; kesempatan untuk berkolaborasi dan melakukan inovasi yang bertujuan untuk mendorong pergerakan ekonomi Indonesia.

Dengan bergabungnya para penggiat coworking space dalam Coworking Indonesia, mereka menemukan wadah untuk menjalin kerja sama dan bergerak dengan kekuatan kolektif untuk memajukan gerakan coworking di Indonesia.

Apabila semangat ini terus disosialisasikan serta ditularkan, maka sektor ekonomi kreatif Indonesia dapat​ ​terus​ ​tumbuh​ ​berkembang.

Seperti yang disampaikan oleh Faye Alund selaku Presiden Perkumpulan Coworking Indonesia, bahwa, “Kewirausahaan dan bisnis kecil menengah adalah tulang punggung ekonomi suatu negara, dan ​coworking adalah elemen penting dalam pembangunan ekosistem kewirausahaan. Visi Perkumpulan Coworking Indonesia adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui gerakan coworking.”

Dalam kegiatan ini, Coworking Indonesia menggandeng bank Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang turut fokus dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan eskosistem digital di Tanah Air. Bersama BRI, Coworking Indonesia turut menggelar rangkaian kegiatan ​pre-event bertajuk ​BRIng It On yang akan digelar di 12 ​coworking space pilihan​ ​yang​ ​tersebar​ ​di​ ​berbagai​ ​kota​ ​mulai​ ​11​ ​hingga​ ​22​ ​November.

BRI akan memberikan bentuk dukungan nyata seperti akses permodalan untuk pengembangan dan juga membantu kendala-kendala dari bisnis kecil menengah salah satunya adalah ijin usaha mikro kecil.

Ditambah lagi dengan adanya kartu IUMK (kartu keanggotaan) yang dapat digunakan sebagai kartu debit dan tabungan. Banyak kemudahan-kemudahan lainnya yang akan di berikan juga oleh BRI seperti link dan networking​ ​antar​ ​nasabah,​ ​maupun​ ​masyarakat​ ​dengan​ ​bank.

Menyoal ada 12 coworking space telah disebutkan turut terlibat dalam kegiatan ​pre-event bertajuk ​BRIng It On. Ke-12 coworking space tersebut antara lain;​

  1. Coworkinc (Jakarta), 
  2. Code Margonda (Depok),
  3. Clapham (Medan), 
  4. ​EV Hive (Tangerang), ​
  5. Kolaborato (Bogor), 
  6. ​Kumpul (Denpasar), ​
  7. Ngalup (Malang), ​
  8. Impala Space (Semarang), ​
  9. C2O (Surabaya), ​
  10. RKB Yogyakarta (Yogyakarta), 
  11. CO&CO (Bandung) dan 
  12. ​Ke:Kini (Jakarta). 

Selama ​pre-event, setiap coworking space akan menghadirkan​ ​kegiatan​ ​diskusi​ ​dan​ ​pengenalan​ ​​local hero ​di​ ​masing-masing​ ​kota.

Andi​ ​Saptari salah satu​ ​inisiator​ ​Coworkfest​ ​2017​ ​sekaligus​ ​founder​ ​CO&CO​ ​Bandung mengemukakan pendapatnya, bahwa, “Sebagian besar masyarakat di Indonesia mengenal Coworking Space, hanya sebagai tempat kerja."

"Melalui Coworkfest, harapannya masyarakat bisa lebih paham, bahwa dalam Coworking Space ada banyak kegiatan-kegiatan seru seperti workshop, sharing, talk show, sehingga kita bisa berkomunitas, berkolaborasi dan saling terhubung satu sama lain,” tambah Andi. 

Jumlah c​oworking space di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh setiap tahunnya. Pertumbuhan ​coworking space terus menggeliat, dan hingga saat ini tercatat ada lebih dari 160 titik yang tersebar di 27 kota di seluruh Indonesia.

Menyikapi kondisi tersebut, Coworking Indonesia dan BRI mencoba bersinergi untuk terus mengenalkan budaya coworking space yang bermaksud guna berkontribusi​ ​dalam​ ​pertumbuhan​ ​ekosistem​ ​ekonomi​ ​di​ ​Indonesia.

Tentang​ ​Coworking​ ​Indonesia

Coworking Indonesia adalah komunitas untuk para pembangun dan penggerak komunitas (​community of community builders ​ ) dengan tujuan utama membangun pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi Indonesia lewat gerakan coworking.

Perkumpulan ini juga akan menjadi sumber keahlian dan sumber daya, pengalaman, dan alat atau program yang bisa diakses​ ​oleh​ ​pelaku​ ​coworking​ ​supaya​ ​bisa​ ​lebih​ ​bertumbuh​ ​dan​ ​berkembang. 

Tentang​ ​PT​ ​Bank​ ​Rakyat​ ​Indonesia

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 16 Desember 1895 di Purwokerto.

Dalam beberapa tahun terakhir, BRI turut aktif dalam membangun ekonomi kreatif di Indonesia dengan membantu UMKM, pekerja lepas dan perusahaan rintisan dan para pelaku coworking​ ​space.
Coworkfest 2017 Kolaborasi Bareng Coworking Indonesia dengan BRI Coworkfest 2017 Kolaborasi Bareng Coworking Indonesia dengan BRI  Reviewed by RUMAH BISNIS SOREANG | Temukan kami di BukaLapak on Tuesday, November 21, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.