Keuntungan Bisnis Anda “Go Online”

Keuntungan Bisnis Anda “Go Online” - Ada potensi di Indonesia sebagai negara dengan kapasitas digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Ada prediksi bahwa pada 2020 populasi pengguna internet yang menjalankan bisnis berjumlah 1.000 technopreneurs dengan valuasi bisnis sebesar USD 10 miliar dengan nilai e-commerce mencapai USD 130 miliar.

Jumlah seluruh populasi penduduk Indonesia pada 2020 akan mencapai 262 juta. Pengguna internet pada saat itu akan mencapai 132,7 juta pengguna. Pengguna aktif sosial media (apapun, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, Path dan lain-lain) mencapai 106 juta pengguna. Pengguna ponsel pintar mencapai 371,4 pengguna lalu pengguna sosial media yang menggunakan ponsel atau tablet mencapai 92 juta pengguna.

Keuntungan Bisnis Anda “Go Online”

Prediksi ini memungkinkan sekali adanya peluang besar di Internet, 82% dari 100 juta pengguna akan mencari informasi dari mesin pencari mengenai toko-toko yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu, kelak 80% dari 100 juta pengguna internet yang melakukan bisnis online akan berkembang dengan pesat dibandingkan dengan mereka yang bertahan di sektor bisnis offline.

Dan hari ini teknologi internet telah mendorong para pelaku UKM untuk Go Online, terbukti dengan semakin banyaknya bisnis online sekelas UKM. Perkembangan dunia bisnis online ini tidak luput dari adanya pertumbuhan infrastruktur pendukung, sebut saja; broadband, marketplace, media sosial, teknologi cloud serta ponsel pintar dengan berbagai platform (Android, iOS, Windows dan Symbian).

Menurut survey yang bersumber dari Stancombe Research and Planning, Deloitte Access Economics disebutkan bahwa saat ini toko online sudah marak di internet tapi bila dibandingkan dengan toko offline masih sangat jauh tingkat perbandingannya. Toko offline hari ini masih dijadikan tumpuan bisnis sebesar 36%, yang sedang menjalankan bisnis online tingkat pemula sebanyak 37%, yang sudah menjalankan bisnis online tingkat menengah sebesar 18% dan mereka yang sudah mahir berbisnis online hanyalah 9%.

Keuntungan Bisnis Anda “Go Online”

Ada keuntungan yang signifikan bagi pelaku UKM ketika bisnisnya Go Online, sebut saja; semakin terbukanya peluang yang begitu lebar dalam mengakses pelanggan baru di Indonesia. Masih bersumber dari Stancombe Research and Planning, Deloitte Access Economics diuraikan dengan jelas mengenai Peran Dunia DIgital yang Menguntungkan UKM.

nilai tambah ketika bisnis anda go online

Jadi, kesempatan emas pemanfaatan digital dalam menjalankan bisnis tidak saja di dalam negeri saja. Sebaliknya, peran dunia digital bagi pelaku UKM mampu mendongkrak dalam penjualan dan penghasilan. Terbukanya akses pasar ke luar negeri dan memungkinkan guna melakukan transaksi yang lebih mudah antara pelanggan dengan pemasok. Dan dari sisi periklanan pun menjadi lebih murah atau biaya penjualan per pesanan.

Comments