SYAAMIL NOTE ANDROID SMARTPHONE 4.1

Android adalah sistem operasi komputer berbasis linux yang dirancang untuk diaplikasikan pada perangkat mobile (bergerak) dengan ciri khasnya berupa touchscreen (layar sentuh).

Dengan disokong secara penuh berupa finansial dari Google, Android Inc. berusaha membangun teknologi Android secara terus-menerus hingga saat ini. Saat ini Android Inc. sudah sepenuhnya milik perusahaan Internet raksasa, Google (diakuisisi pada 2005).

Sistem operasi android diluncurkan secara resmi pada 2007. Dan tepatnya pada 2008 di bulan Oktober, OS Android mulai dijual secara bebas dengan cara dipasang pada beberapa ponsel pintar ternama.

Berikut ini urutan versi Android sejak kali pertama dirilis untuk dipergunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

[1] Android v1.0 Astro (Alpha) - Jauh-jauh hari sebelum pada akhirnya versi Android yang dirilis oleh Google menggunakan istilah makanan - di awal 'karier'-nya hanya ada dua istilah untuk Android, yaitu Android Alpha dan Beta.

Dan nama yang disematkan bagi Android yang edisi cikal-bakal adalah Android Astro, akan tetapi nama ini akhirnya urung digunakan terganjal dengan hak cipta (copyright) dan merek dagang (trademark).
TAHUKAH ANDA? Pada versi perdananya, sistem operasi Android tidak dipasarkan secara komersil. 
[2] Android v1.1 Bender (Beta) - Android versi ini diluncurkan secara resmi pertama kalinya pada 5 November 2007. Versi ini adalah versi kelanjutan dari Android Astro (Alpha). Nama Bender pun mengalami kasus serupa; terganjal oleh adanya hak cipta dan merek dagang, lagi-lagi Google menurunkan nama tersebut. Pada waktu yang bersamaan dengan versi ini - sudah diluncurkan juga ponsel bersistem operasi Android pertama yang dipasarkan, yaitu HTC Dream.
HTC Dream [foto: internet]

[3] Android v1.5 Cupcake - Google mulai memakai nama-nama makanan sejak versi ketiga. Untuk Android versi 1.5 diberi nama dengan sebutan cupcake. Penggunaan kode nama makanan ini selanjutnya menjadi tradisi bagi Google dalam merilis versi Android mereka. Dan android Cupcake diterbitkan untuk kali yang pertama pada 30 April 2009.

[4] Android v1.6 Donut - cukup satu semester saja bagi Google menelurkan versi lanjutan dari versi sebelumnya (1.5). Tepatnya pada 15 September 2009, keluarlah versi Android 1.6 dengan nama Donut. Android Donut hadir dengan tujuan memperbaiki bug. Serta versi inipun hadir memberikan tambahan fitur yang baru pada masa itu, yaitu; adanya dukungan untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar.

[5] Android v2.0 – 2.1 Eclair - Sebulan dari versi 1.6, sudah muncul lagi versi baru atau versi 2.0 dan 2.1 pada 26 Oktober 2009. Tujuan dirilisnya versi 2.0 dan 2.1 sama seperti sebelumnya yaitu menutupi bug. Serta pada versi Eclair ini mulai lahirnya fitur-fitur yang menyenangkan bagi penggunanya, sebut saja; teknologi Bluetooth, flash pada kamera, teknologi digital zoom pada kamera, multi-touch serta live wallpaper. Pada saat versi ini pula lahir Nexus dari Google untuk yang pertama kali - contohnya dengan rilisnya unit HTC Nexus One.
Unit Smartphone Google Nexus One [foto: internet]


[6] Android v2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)
- Versi 2.2 ini dirilis pertama kali pada 20 Mei 2010. Pada saat itu, popularitas Android masih kalah jauh dan berada di bawah OS lain, semisal; Symbian dan Windows Mobile. Kemudian, perlahan namun pasti, brand awareness dari Android mulai terasa, dengan dikenal oleh jamak orang serta teknologinya semakin dicari oleh pasar.

[7] Android v2.3 Gingerbread - Bareng dengan Nexus S OS Android versi 2.3 dirilis. Tepatnya pada 6 Desember 2010. Seperti kita sama-sama ketahui bahwa Nexus S adalah perangkat ponsel pintar seri Nexus yang diproduksi oleh Samsung. 

Dan mulai dengan versi OS Gingerbread, Android mulai melihat titik terang. Dan fakta membuktikan bahwa di era Gingerbread, Android populer dan bersinar namanya. Meskipun masih kalah dengan 'pesona' OS BlackBerry, OS, taksedikit dari vendor mulai menggarap perangkat dengan OS Android secara serius.

[8] Android v3.0 – 3.2 Honeycomb - 2011 adalah masanya bagi versi 3.0 hingga 3.2 dari OS Android, yaitu pada 10 Mei 2011. Pada masa ini mulai dirilis perangkat tablet. Vendor tablet yang melekat di benak masyarakat sejak era ini, antara lain;  tablet Samsung dan Apple iPad.
[9] Android v4.0 Ice Cream Sandwich - Android versi 4.0 diluncurkan pada 16 Desember 2011. Jamak yang beropini bahwa versi 4.0 ini adalah versi OS Android yang sama persis dengan Android Honeycomb. Sebagian berpendapat bahwa, versi Ice Cream Sandwich adalah Honeycomb yang disempurnakan. 

Dengan versi 4.0 pengguna bisa merasa optimal baik penggunaan ponsel pintar (smartphone) dan juga penggunaan untuk tablet. Terdapat pembaruan yang terbilang signifikan dibandikan dengan versi sebelumnya dari versi 4.0 - yaitu; dari sisi penggunaan antarmukanya yang lebih rapi dan elegan. Selain itu versi 4.0 bisa diajak bekerja berat (multitasking).

Android Ice Cream Sandwich hadir bersamaan dengan momentum saat Google memperkenalkan perangkat Galaxy Nexus. Unit yang merupakan seri smartphone Nexus besutan Samsung. Pasca versi ini, lalu Google mulai memperkenalkan perangkat seri Nexus secara berkesinambungan yang senantiasa bersamaan setiap kali Google memperkenalkan versi Android terbaru.

SYAAMIL NOTE ANDROID SMARTPHONE 4.1

[10] Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean - Dengan diperkenalkannya Androoid OS 4.1 pada 27 Juni 2012, Google pun memperkenalkan Nexus 7 yang diproduksi oleh ASUS. Sekadar informasi, Nexus 7 adalah seri Nexus pertama yang menanamkan OS Jelly Bean pada perangkat tablet mereka. 

Jelly Bean tercatat telah memperbarui OS yang bersangkutan sebanyak 3 kali mulai dari 4.1, 4.2 hingga 4.3. 
TAHUKAH ANDA? SYAAMIL NOTE adalah smartphone Android dengan OS versi 4.1.
Syaamil Note Smartphone Quran LENOVO -
Selanjutnya mereka memperkenalkan Android v4.2 bersamaan dengan dihadirkannya Dan di saat Nexus 4 keluar, Android versi 4.2 pun takmau ketinggalan untuk sama-sama meluncurkan dirinya ke tengah-tengah publik. Smartphone ini diproduksi oleh LG plus Nexus 10, sedangkan perangkat tabletnya diproduksi oleh Samsung.

Dan persis saat versi 4.3 diluncurkan, Google pun mengeluarkan Nexus 7 generasi 2 yang masih diproduksi oleh ASUS. OS 4.3 memiliki peningkatan-peningkatan, misalnya; adanya penambahan kamera belakang serta dukungan guna konektivitas internet.

[11] Android v4.4 Kitkat - Sudah tahu semua bahwa Kitkat adalah kudapan populer berupa wafer yang berlapis coklat milik Nestle. Android pun memanfaatkan popularitas makanan ini sebagai nama untuk OS Android versi 4.4.

Konon, asal muasal penamaan KitKat terjadi di saat para programer Google melihat pemandangan banyak kudapan Kitkat di kantin kantor mereka, hingga akhirnya, “Kenapa kita tidak menamainya dengan Kitkat untuk versi Android tersebut?” 

Singkatnya, Google menghubungi pihak Nestle (pemilik merk dagang Kitkat) dan Nestle pun menyepakati penamaan versi yang akan dirilis oleh Google kala itu.

menyetujui pemberian nama Kitkat untuk versi Android K. Karyawan Google sendiri tidak mengetahui bahwa Android 4.4 akan diberi nama Kitkat karena yang mereka tau versi Android K adalah Key Lime Pie. Mereka baru mengetahuinya setelah patung maskot Android Kitkat diletakkan di kantor pusat Google.

Berbeda dengan Jelly Bean yang menuntut RAM di atas 756 MB sehingga video mampu berjalan dengan mulus. Dan bersamaan dengan dikeluarkannya Android Kitkat pada 31 Oktober 2013 - Google pun menerbitkan ponsel pintar Nexus 5 yang diproduksi oleh LG.
[12] Android v5.0 – 5.1 Lollipop - 15 Oktober 2014 adalah awal dirilisnya Android versi 5.0 dan 5.1 dengan nama Lollipop. Versi OS benar-benar melakukan perubahan besar dari segi antarmuka Android. 

Antar muka dari Android versi 5.0 dan 5.1 terlihat lebih flat, versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit yang mampu bekerja dengan RAM di atas 3 GB pada hardware perangkat. 

Berbarengan dengan diluncurkannya versi 5.0 dan 5.1, Google pun memperkenalkan unit ponsel pintar Nexus 6 yang diproduksi oleh Motorola (kini milik Google). 

TAHUKAH ANDA? Unit ponsel pintar Android pertama yang menggunakan RAM di atas 3 GB adalah ASUS Zenfone 2 yang berkapasitas RAM 4 GB.
[13] Android v6.0 Marshmallow - Versi Android ini diluncurkan pada September 2015 berbarengan dengan diperkenalkannya 2 unit ponsel pintar (dari 2 vendor yang berbeda); Nexus 5X.

Unit ini merupakan smartphone Nexus untuk kelas menengah yang meniliki ukuran layar 5.2 inch besutan LG. Dan yang satunya memiliki bentang layar lebih lebar; 5.7 inch. Unit ini diberi nama Nexus 6P yang merupakan smartphone untuk program flagship - kerjasama Google dengan Huawei.
[14] Android v7.0 Nougat - Versi ini secara resmi diperkenalkan pada akhir Juni 2016. Jamak dari para netizen yang menebak penamaan untuk versi "N" (sebab bila diperhatikan versi OS Android diluncurkan berdasarkan urutan abjad).

Dan banyak yang menduga-duga pada awalnya, sebagian masyarakat mereasa yakin untu versi 7.0 jatuh ke nama Nutella tapi ternyata meleset. [w1/01]

Comments