GENSET HARGEN PORTABLE (BENSIN)

Genset atau generator set merupakan tergolong sebagai perangkat berat yang memiliki fungsi sebagai penghasilk tenaga listrik.



Dikenal dengan nama generator set maksudnya satu unit alat terdiri dari dua media yang berbeda; satu set mesin dan satu set generator atau disebut juga dengan alternator.


Pada awal ditemukan, di saat belum dikenal secara luas seperti sekarang. Menurutnsejarahnya genset ditemukan oleh dua orang. Mereka adalah Michael Faraday dan juga Rudolph Diesel.

Pada 1831 Faraday menemukan induksi elektromagnetik yang kemudian berkembang menjadi generator modern. Faraday merupakan seorang ahli fisika terkenal.

Sementara itu, Rudolph Diesel, dikenal sebagai penemu generator diesel. Dirinya pun mematenkan penemuannya (mesin diesel) pada 1892.

Dirasa memiliki begitu banyak manfaat bagi kepentingan manusia, teknologi Generator Set sebagai Mesin Penghasil Listrik dikembangkan lebih lanjut dan mulai diproduksi secara massal.

Tempat-tempat yang sangat memerlukan adanya GENSET dewasa ini - antara lain:

  1. Bank, 
  2. Rumah Sakit, 
  3. Supermarket, 
  4. Hotel, 
  5. Mall / Plaza, 
  6. Kantor, 
  7. Toko.

Tidak sedikit rumah-rumah pun menggunakan genset di saat PLN sedang gangguan dengan tidak mengalirkan tenaga listriknya.

Jadi GENSET sebagai Tenaga Listrik Cadangan disaat dibutuhkan, terutama saat Listrik PLN padam.

Fungsi Genset

Fungsi utama dari genset adalah menghidupkan lampu dan alat kelistrikan lainnya ketika dibutuhkan untuk menyala. Namun walaupun fungsi utamanya seperti itu, banyak juga manfaat lainnya, seperti Pengerjaan Luar Ruangan. Pagelaran musik atau pertunjukan wayang pun biasanya memerlukan genset yang jamkanya berbahan bakar bensin.

Mekanisme / Cara Kerja Genset

Satu unit Genset atau Generator Set terdiri dari dua perangkat penting; mesin/engine atau motor penggerak dan generator atau alternator.

Mesin/engine menggunakan bahan bakar solar (mesin diesel) ada juga yang menggunakan Bensin. Adapun generatornya berupa gulungan kawat yang dirancang dari tembaga yang memiliki kumparan statis atau stator serta dilengkapi dengan kumparan berputar atau rotor.

Menurut ilmu fisika -cara kerja dari engine yaitu dengan memutar rotor dalam sebuah generator, kemudian menghasilkan medan magnet di bagian kumparan generator.

Medan magnet inilah yang kemudian akan melakukan kerjasama dengan rotor, setelah itu mereka akan berputar sampai menghasilkan arus listrik (hukum Lorentz). Itulah peran dan cara kerja genset.

Kesimpulan

Mesin Generator Set sangat bermanfaat dan diperlukan untuk kepentingan orang banyak. Itulah kenapa Generator Set atau Genset menjadi barang elektronik yang paling banyak yang dicari.
Mesin Genset berperan sangat penting karena mampu memperlancar usaha anda dan menjaga dari situasi yang tidak terduga. Anda membutuhkan GENSET HARGEN? Anda tengah mencari unit yang berkualitas dengan harga murah?Sila hubungi kami di 089627528881 (SMS/WA).

Comments