5 Tips Mengelola LinkedIn

2017 di ambang pintu pergantian tahun. Dan bagi Anda yang terbiasa menggunakan website yang berorientasi pada bisnis dan profesi; LinkedIn maka kini saatnya bagi Anda untuk melakukan pembaruan biodata pribadi di sana.

12 bulan dirasa telah mengubah kehidupan Anda termasuk karir atau bisnis. Dibandingkan Januari tahun lalu, hari ini Anda adalah pribadi yang berbeda karena mengalami banyak perubahan. Karena itu, menjelang pergantian tahun, mari kita sama-sama melakukan pembaruan akun LinkedIn masing-masing.

Silakan Anda log in ke dalam dashboard LinkedIn yang dikelola, tengok sebentar halaman profil Anda. Silakan baca kembali dan perhatikan apakah penjelasannya masih sesuai dengan kondisi Anda sekarang? Kalau dirasa terdapat perubahan, edit sebentar lalu simpan.

Setahun sekali merupakan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperbarui profil LinkedIn, pasalnya bila Anda sering mengalami perubahan dalam karir dan profesi sebaiknya jangan pernah ditunda-tunda, Anda harus melakukannya dengan segera.

Dan berikut, 5 Tips Mengelola LinkedIn sebelum memasuki Januari 2017:

  1. Perbarui Judul (Headline) LinkedIn Anda,
  2. Perbarui Ringkasan (Summary) LinkedIn Anda,
  3. Perbarui keahlian (skill), pekerjaan yang sedang digarap (project) dan yang lainnya,
  4. Perbaiki profil dengan menambah media,
  5. Dapatkan kode url unik jika Anda belum mendapatkannya.
Alasan utama kenapa kita harus memperbarui headline LinkedIn karena yang pertama kali orang lain lihat adalah halaman tersebut. Saat pengguna LinkedIn selain Anda tengah melakukan pencarian database yang diperlukannya, bisa jadi profil Anda adalah salah satu yang tengah dicari oleh orang tersebut.

Headline pada profil akun LinkedIn Anda mengambil peranan penting, sebab headline yang menentukan apakah Anda orangnya sebagai target pencarian. Bila headline Anda jelek, sekalipun Anda lah orangnya yang dicari maka orang tersebut tidak akan melanjutkan ingin mengetahui Anda lebih dalam.

Karena itu sejak sekarang, Anda harus pandai memilih judul yang tepat dan efektif. Tunjukan dengan singkat, padat serta jelas profesi Anda yang sebenarnya. Dan ungkapkan dengan tepat bagaimana Anda ingin terlihat profesional di mata orang lain (pengguna LinkedIn).

Berikut ini beberapa ide memilih judul (headline) LinkedIn.

  • Kepala Pengawas Pengembangan Bisnis,
  • Art Director and Print/Web Graphic Designer
  • Pemasar Stok Madu Indonesia

Anda pun bisa memanfaatkan judul pada profil LikedIn-nya dengan menunjukan jati diri sebagai pencari pekerjaan. Itu pun jika memang Anda merasa perlu sebab sudah lama tidak memiliki profesi--misalnya.

Dalam upaya Branding, kebuntuan menemukan ide seringkali terjadi. Oleh karena itu, penggagas ide cemerlang lazim datang dari pihak lain; teman, kolega, atau saudara -- mereka bisa menjadi sumber ide, "Siapa sebenarnya diri Anda?" Mereka lebih mengenal diri kita dibandingkan diri kita sendiri.

Selanjutnya, Anda menuliskan ringkasan pada LinkedIn yang dimiliki. Anda bisa menuangkan ringkasan diri Anda dalam beberapa paragraf. Summary atau ringkasan tersebut akan menjelaskan diri Anda. Ringkasan bisa dibuat secara sederhana atau lebih panjang.

Setelah melakukan semua hal tersebut di atas, selanjutnya adalah menambah media. Di atas sudah dibahas bahwa salah satu ide yang bisa dilakukan dalam pembaruan LinkedIn dengan menambah media.

Anda bisa menambah media presentasi baik berupa video atau audio ke dalam profil LinkedIn. Menambah media dengan maksud memperbaiki tampilan LinkedIn adalah langkah yang tepat dan sangat disarankan untuk dilakukan.

Jangan lupa juga untuk memperbarui tampilan foto pada profil LinkedIn anda. Setelah diganti dengan foto terbaru, salin tautan atau Url LinkedIn yang sudah semakin bagus tersebut. Url atau tautan ini berperan penting karena efisien.

Tautan url bisa Anda pasang pada signature di badan email. Cara mendapatkan tautan profil LinkedIn, silakan Anda masuk ke edit profile kemudian pada navigasi horisontal geser hingga paling atas. Lalu akan muncul menu silakan masuk ke sana. Url berada di dalam foto profil. Klik saja foto tersebut dan salin tautannya. Selamat memperbarui Profil LinkedIn Anda! 😊

Comments